Khasiat VCO untuk Gangguan Neurologi
5 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan Otak

5 Manfaat Utama VCO untuk Kesehatan Otak Anda

Posted on

Pada saat ini Virgin Coconut Oil atau orang sering menyebutya sebagai VCO sangat populer di sekitar kita. VCO ini adalah salah satu varian minyak kelapa yang sangat murni dan tidak melalui proses pressing yang kompleks, tidak diberikan pengawet dan pewarna sebagaimana minyak sulingan pada umumnya. Sehingga, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya masih sangat perawan, dan terjaga.

VCO memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari penyakit luar, sampai penyakit dalam. Dari penyakit ringan, hingga yang berat sekalipun, bahkan yang berhubungan dengan penyakit degradasi.

Pada artikel berikut kita akan membahas bagaimana peran dan fungsi VCO untuk perkembangan dan kesehatan otak. Minyak kelapa khususnya dari jenis virgin coconut oil menawarkan khasiat yang sangat unik untuk otak manusia, terlebih sejumlah potensi dalam mengobati penyakit yang berhubungan dengan gangguan neurologis. Ingin tahu selengkapnya? Yuk simak terus pemaparan pada postingan ini!

Dalah Bahasa akademis, pohon kelapa dikenal sebagai Cocos nucifera, dan dalam berbagai budaya di dunia, tumbuhan ini sering disebut sebagai pohon kehidupan. Terkhusus pada budaya India kuno, minyak kelapa sudah digunakan selama ribuan tahun untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan. Ini sering dikaitkan dengan tradisi Ayurvedic.

Orang-orang yang mengkonsumsi atau memakai minyak kelapa dalam kehidupan sehari-harinya, khususnya dari jenis VCO, menjadi tidak mudah rentan terhadap penyakit-penyakit yang sifatnya mendegradasi tubuh, seperti kanker dan penyakit jantung, serta lainnya.

Mengapa otak membutuhkan VCO?

Jika menelisik semua bagian dalam organ tubuh kita, maka otaklah sebagai perangkat utama yang membutuhkan nutrisi berupa lemak makanan yang sehat. Kenapa? Karena lebih dari separuh berat otak merupakan lemak, sehingga integritas membran sel otak seseorang sangat bergantung kepada kualitas lemak yang dikonsumsi.

Mungkin Anda pernah mendengar jika minyak kelapa dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda? Ya betul, tapi jenis kolesterolnya adalah kolesterol yang baik, dan tentunya baik untuk otak Anda. Otak memang secara khusus membutuhkan kolesterol baik tersebut.

Diketahui bahwa otak mempunyai kadar kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan dengan organ lain. Sekitar 25% kolesterol tubuh ditemukan dalam otak manusia.

Lalu bagaimana jika tingkat kolesterol dalam otak rendah sekali? Terdapat sejumlah risiko di antaranya adalah keinginan bunuh diri, demensia, dan gangguan kejiwaan seperti depresi.

Risiko demensia dapat direduksi hingga 70% jika kadar kolesterol dalam otak terpenuhi dengan baik.

Bagaimana keunikan VCO dalam tugasnya menutrisi otak?

Pada setiap langkah yang berkaitan dengan peran kemak dalam tubuh manusia memiliki keunikan tersendiri, termasuk bagaimana mekanisme VCO bekerja dalam menutrisi otak.

Perlu diketahui bahwa sejumlah minyak nabati memiliki kandungan trigliserida rantai panjang. Trigliserida rantai panjang berbentuk seperti molekul yang lebih besar daripada lainnya dan susah untuk diurai, sehingga lebih mudah disimpan sebagai lemak.

Nah, virgin coconut oil yang merupakan salah satu varian minyak kelapa memiliki kandungan trigliserida rantai menengah yang lebih kecil. Fungsi kandungan ini dapat dipakai sebagai sumber energi cadangan.

Selain VCO, terdapat sejumlah sumber alami trigliserida rantai menengah atau MCT, antara lain minyak sawit dan produk susu tinggi lemak.

Di antara sumber lemak tersebut, VCO mempunyai level MCT yang terbaik di antara lainnya.

Tahukan Anda bahwa otak merupakan bagian tubuh atau organ kecil yang lapar? Bayangkan, hanya dengan berat kurang lebih 1,3 kilogram, otak mengkonsumsi 20% dari input energi Anda. Itu sebabnya banyak orang mengatakan lelah otak akan lebih berbahaya daripada lelah fisik.

Glukosa atau gula sederhana merupakan bahan bakar utama otak Anda. Berbeda dengan bagian tubuh lainnya, sel-sel otak tidak dapat menyimpan energi, namun ia tetap membutuhkan energi.

Untungnya, terdapat sebuah sistem cadangan yang bekerja ketika otak Anda tidak ternutrisi glukosa dengan baik.

Adalah liver atau hati yang mampu memecah lemak yang disimpan untuk kemudian menghasilkan keton yang bisa dipakai sebagai bahan bakar pengganti selama otak mengalami kelaparan energi. Tentunya Anda tidak perlu repot menjadi kelaparan juga dalam mengakses keton sebagai sumber tenaga pada otak, karena MCT dalam VCO bisa melakukan tugas itu.

Trigliserida rantai menengah atau MCT akan dipecah menjadi keton oleh liver dan siap mengaliri aliran darah ke otak dengan memberikan energi yang cukup.

Inilah 5 manfaat Virgin Coconut Oil untuk Otak Anda

Di bawah ini adalah beberapa manfaat minyak kelapa dari varian VCO khususnya untuk otak yang juga didukung oleh beberapa riset di dalamnya:

1. Pengobatan Kehilangan Ingatan yang Serius

Salah satu manfaat VCO yang paling unik adalah ia akan membantu pengobatan penyakit yang berkaitan dengan kehilangan ingatan yang serius seperti alzheimer dan demensia.

Alzheimer sendiri terkadang disebut-sebut sebagai penyakit diabetes tipe 3, hal ini dikarenakan pada penyakit tersebut sel-sel otak menjadi resisten terhadap insulin. Dengan kondisi tersebut, otak tidak mendapatkan glukosa yang cukup. Jika hal tersebut terjadi maka bisa menyebabkan bagian-bagian atau sel-selnya menjadi mati.

VCO dalam kasus di atas memiliki peran dalam melakukan pemintasan metabolisme glukosa, sehingga sel-sel otak akan mendapatkan energi langsung dari VCO.

2. VCO dapat mengatasi beberapa gangguan neurologis lainnya

Sejumlah ahli melalui risetnya mempercayai bahwa VCO, terutama kandungan MCT nya mempunyai potensi yang besar dalam mengobati penyakit neurologis selain alzheimer, termasuk semua bentuk demensia, stroke, parkinson, dan cedera otak traumatis.

Bahkan dalam wawancara podcast disebutkan bahwa VCO dapat mengobati glukoma, sindrom down, huntington, dan ALS.

VCO juga dapat mereduksi komplikasi diabetes seperti resistensi terhadap insulin, retinopati, dan kerusakan ginjal.

3. Mencegah penuaan dini pada otak

Baru tahu kalau otak juga bisa menua sama halnya dengan kulit? Ya benar. Jika Anda sudah mengetahui hal ini, maka langkah yang harus dilakukan adalah melakukan penundaan penuaan terhadap otak Anda. Salah satunya adalah diet tinggi lemak baik, dan tentunya Anda akan memilih VCO bukan yang memiliki kadar MCT istimewa?

Selain itu, virgin coconut oil juga mempunyai sifat antioksidan untuk melakukan penjagaan terhadap otak Anda sehingga kesehatannya terjaga.

Sifat antioksidan yang dimiliki VCO tentunya untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul oksigen yang tidak mempunyai ikatan yang berbahaya karena dapat merusak dan mempercepat kematian sel. Dari kesekian banyak sel tubuh, salah satu yang rentang terhadap radikan bebas adalah sel otak.

4. Sebagai obat alami anti depresi

Riset terkini menunjukkan bahwa minyak kelapa bermanfaat sebagai makanan fungsional anti depresi. Hal ini dikarenakan fungsi dari kombinasi unik asam lemak rantai menengah dan antioksidannya.

5. Penangkal Stres dan Gangguan Kecemasan (anxiety)

Sebenarnya belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bagaimana efek minyak kelapa, khususnya dari varian VCO dalam perannya mengatasi langsung masalah gangguan kesemasan atau anxietas.

VCO dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif tradisional untuk penyakit gangguan neurologi seperti alzheimer
Ilustrasi: VCO untuk pengobatan alami alternatif penyakit Alzheimer

Namun, sejumlah riset mengatakan bahwa VCO dapat membantu mengatasi efek stres. Nah, karena stres merupakan salah satu komponen dalam kecemasan, di sinilah hubungan tersebut terbangun, yaitu antara stres dan gangguan kecemasan.

Tambahkan VCO pada makanan Anda secara bertahap dan rutin dan amati bagaimana bahan ini mengatasi gangguan kecemasan Anda.

Bagaimana cara menggunakan VCO untuk kesehatan otak Anda?

Cara yang paling mudah untuk mendapatkan manfaat VCO adalah dengan memasukkan bahan ini ke dalam daftar diet Anda.

Gunakan VCO untuk mengganti sejumlah minyak nabati yang biasa Anda konsumsi, seperti minyak kanola, minyak kedelai, minyak bunga matahari, di mana minyak-minyak tersebut sering diolah dengan ekstraksi yang membutuhkan kalor atau panas yang tinggi dan pelarut kimia. Hal ini memungkinkan pembentukan lemak trans yang merugikan.

Lemak trans bisa menjadi risiko penyebab peradangan dan juga meningkatkan risiko sejumlah gangguan seperti depresi, gangguan bipolar, strokem diabetes, penyakit jantung, dan kelebihan berat badan (obesitas).

Dikarenakan VCO banyak mengandung lemak jenuh, menjadikan minyak ini lebih stabil terlebih dipakai saat memasak. VCO sangat baik digunakan untuk menumis, memanggang, dan untuk kukusan.

Bahkan, Anda bisa menambahkannya dalam takaran beras yang akan Anda masak mengginakan Rice Cooker. Dengan 1 sendok teh saja, bisa menjadikan rasa nasi menjadi lebih punel dan lezat. Untuk menjaga ketahanannya, jangan simpan VCO dalam lemari es.

Jika ingin lebih sederhana lagi, minumlah VCO 2 hingga 3 sendok makan per hari untuk keadaan normal, dan 4 hingga 6 sendok makan per hari untuk kondisi penyakit berat seperti gangguan neurologi yang serius.

Apakah VCO mempunyai efek samping?

Tidak banyak laporan yang menyebutkan tentang efek samping konsumsi VCO. Namun, hal yang paling lumrah terutama ketika saat-saat pertama kali dirasakan adalah gangguan pencernaan ringan seperti rasa mual dan diare.

Jika hal di atas terjadi pada Anda, mulailah dengan dosis terendar terlebih dahulu, yaitu 1 sendok teh. lalu tingkatkan perlahan-lahan.

Alergi terhadap VCO bisa saja terjadi pada sebagian orang, misalnya adanya peningkatan kecemasan atau serangan panik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *